Seorang Ulama dan guru saleh, mengisi berbagai waktunya dengan bekerja sebagai pedagang. Suatu ketika ia membeli madu seharga 30,000 dirham untuk mengisi persedian barang dagangannya yang telah menipis.
keesokan harinya ternyata harga medu meningkat derastis hingga dua kali lipatnya, sang penjual jadi menyesal telah melepaskan (menjual) pada hari sebelumnya itu, tetapi pennyesalan selalu datang terlambat, mana mungkin untuk membatalkan sedangkan uangnya telah ia terima, dan barang-barangnya telah di bawa oleh pembeli, (guru yang saleh itu), sedih dan penyesalan itu begitu menggelayuti pikirannya, sehingga mengundang perhatian teman-temannya.
setelah mengetahui permasalahannya, salah seorang temannya yang sangat mengenal ahlak guru yang saleh(san pembeli madu itu), berkata "besok pagi datanglah sholat subuh bersama guru yang saleh, san pembeli madu itu menuruti saran temannya itu, dengan membawa uang 30,000 dirham, setelah beliau selesai sholat dan berdoa "mendekatlah dan berkata: saya menyesal telah menjual maduku itu pada tuan itu saja, jangan ditambah dan dikurangi, insyaAllah engkau tidak akan mengalami kerugian sedikitpun"
ia menuruti saran temannya, usai sholat dan berdoa ia segera menghadap pada sang guru dan berkata"wahai tuang guru saya menyesal telah mengjual maduku pada tuang"!!
guru yang saleh itu memandangnya sesaat dan berkata kepada pembantunnya/pegawainya, "bangunlah, dan kembalikan madu yang kita beli itu kepada orang ini!!
sang penjual sangat gembira dan mengembalikan uang 30,000 dirham yang telah diterimannya itu salah satu jamaah yang hadir ada yang berkata, "wahai tuang guru, sejak kemarin harga madu meningkat dua kali lipatnya, mengapa hannya di kembalikan begitu saja ??
sang guru berkata "mengapa tidak"?? sunggu aku telah mendengar Rasulullah saw bersabda: barang siapa yang mau membatalkan pembeliannya pada orang yang menyesal dalam penjualannya, maka Allah akan memaafkan dosa-dosanya di hari kiamat kelak, tidaklah sepantasnnya aku membeli manfaatnya Allah atas dosa-dosaku dengan (calon keuntunnganku) 30,000 dirham sedang sedikitpun aku tidak di rugikan??" 


Rep: Kisah Islami
Editor: Admin Pendidikan Gratis...

- Copyright © Pendidikan Gratis Anak Indonesia -Shinpuru v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -