pada saat kiamat nanti, empat glongan yang dipastikan masuk surga tampa hisab, dihadirkan di pintu surga. mereka itu adalah orang alim (ulama) yang mengamalkan ilmunnya. orang yang beribada haji yang tidak melakukan perbuatan merusak di dalam dan setelah hajinya mabrur. orang yang mati syahid, terbunuh di jalan Allah swt,iklas semata-mata mengharap ridho Allah. dan yang terakhir adalah orang dermawan, yang mencari harta dengan jalan halal dan mengimfakkannya di jalan Allah tampa riya'.
masing-masing golongan tersebut untuk masuk surga terlebih dahulu, masing-masing dari mereka beranggapan bahwa mereka lebih utama dari kelompok lainnya. karena tidak ada yang mengalah, maka Allah mengutus malaikat jibril untukmemberi keputusan diantara mereka. jibril menemui kelompok orang yang mati syahid dan berkata "apa yang kalian kerjakan sehingga kalian beranggapan bahwa kalian berhak memasuki surga terlebih dahulu!!!"
mereka berkata,"dari siapakah kalian dengar besarnya pahala mati syahid, sehingga berhak masuk syurga terlebih dahulu?"
mereka berkata, "dari para Ulama!!!"
jibril berkata,"jagalah sopan santun, jangan kalian mendahului guru kalian!!!"
kemudian jibril menemui kelompok orang berhaji mabrur, dan berkata,"apa yang kalian kerjakan sehingga kalian beranggapan bahwa kalian berhak memasuki surga terlebih dahulu!!!"
mereka berkata,"kami melaksanakan ibadah haji dan selalu menjaga diri dari segala sesuatu yang merusak haji kami, yakni kami berhaji mabrur!!!"
jibril berkata,"dari siapakah kalian mendengar besarnya pahala haji mabrur, sehinggah merasa berhak masuk surga terlebih dahulu?"
mereka berkata,"dari para Ulama!!!"
jibril berkata," jagalah sopan santun, jangan kalian mendahului guru kalian!!!"
malaikat jibril menemui kelompok kaum dermawan, dan berkata," apa yang kalian kerjakan sehingga kalian beranggapan bahwa kalian berhak masuki surga terlebih dahulu!!!"
mereka berkata,"kami selalu mencari harta dengan jalan yang halal, dan mengimfakkan ke jalan Allah, iklas semata-mata mencari keridhoan Allah, tampa disertai riya'?
jibril berkata," dari siapakah kalian mendengar besarnya pahala dari apa yang kalian kerjakan itu, sehingga berhak masuk surga terlebih dahulu?"
mereka berkata,"Dari para Ulama"
maka malaikat jibril berkata,"jelas sudah, kalian para Ulama, silahkan masuk surga terlebih dahulu!!!"
tetapi kaum ulama itu berkata,"ya Allah kami tidak bisa menghasilkan dan mengamalkan Ilmu, karena dengan kelapangan hati dan kebaikan para dermawan!!!"
maka Allah berfirman," benar ketaatan kalian wahai orang Alim. wahai malaikat Ridwan bukalah pintu syuga unntuk kaum dermawan, dan yang lainnya menyusul.

Rep: Kisah Islami
Editor: Admin Pendidikan Gratis...

- Copyright © Pendidikan Gratis Anak Indonesia -Shinpuru v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -